Tips Memilih Mesin Filter Kolam Renang

By | April 23, 2022

Sebenarnya ada berbagai macam instalasi mesin filter kolam renang. Mulai dari tipe, merk, hingga ukurannya, semuanya bervariasi. Umumnya pemilihannya bisa disesuaikan dengan kolam renang yang ada. Sebab seperti yang kita tahu, fungsi dari filter kolam renang tersebut diibaratkan seperti fungsi ginjal yang ada pada tubuh manusia. Jadi keberadaannya sangat penting.

Bila saat ini kalian mencari mesin filter kolam renang yang murah dan berkualitas. Maka kalian bisa percayakan kepada kontraktor kolam renang . Yang mana akan siap melayani kebutuhan kalian mulai dari Penjualan alat-alat kolam renang , perawatan kolam renang dengan hasil yang sangat memuaskan.

Kali ini sudah kami siapkan panduan bagaimana cara memilih filter kolam renang yang terbaik disini. Kalian bisa memperhatikan bagaimana cara pemilihannya dan apa saja hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih filter kolam renang, supaya kalian tidak salah pilih.

Memperhatikan Suku Cadang Filter Kolam Renang

Kalian harus tahu tentang akses dan juga ketersediaan dari sparepart atau suku cadang filter kolam renang yang akan kalian gunakan. Hal ini bertujuan supaya bila nantinya terjadi kerusakan di dalam instalasi filter kolam renang. Maka bisa dengan mudah kalian memperoleh penggantinya.

Filter kolam renang yang dipakai ini pastinya harus dipilih dari segi harga. Bila perawatan mudah, meskipun harganya mahal tentu akan bisa memudahkan bagi pemilih nya untuk melakukan perawatan tersebut. Tetapi jika harganya murah dan perawatannya lebih mahal tentu kalian harus pertimbangkan lagi.

Jika kalian butuh perawatan kolam renang kalian bisa menghubungi kontraktor kolam renang Surabaya yang sudah siap melayani anda. 

Melihat Hasil Penyaringannya

Salah satu hal lagi yang harus diperhatikan dalam memilih filter kolam renang adalah hasil after proses penyaringan. Kalian dapat menanyakan kepada ahli Kontraktor Kolam Renang yang sudah paham betul tentang air yang ada di kolam renang. Kalian harus menanyakan bagaimana dan seperti apa kualitas air yang dihasilkan sesudah proses penyaringan. Sebab pastinya kalian ingin memiliki kualitas air yang baik bukan? Dengan hal ini, maka kalian bisa memilih filter secara tepat sesuai dengan kebutuhan kalian.

Mengenal Macam Jenis Filter Kolam Renang

Di dalam pemilihan filter kolam renang, kalian harus memperhatikan jenisnya. Sebab filter kolam renang dengan jenis yang berbeda-beda tentu mempunyai fungsi yang berbeda pula. Pada beberapa jenis filter kolam renang yang bisa dipilih diantaranya adalah:

Diatomaceous Earth Filter

Sebenarnya untuk sistem filtrasi ini hampir sama dengan Cartridge Filter. Namun ada perbedaan tersendiri dalam proses penggunaan bubuk atau tepung Diatomaceous Earth. Bubuk ini ditambahkan dalam kisi-kisinya, dengan demikian membuat filter ini dapat berfungsi menyaring kotoran yang lebih kecil dibandingkan dengan filter lainnya. Bahkan ukuran kotoran 3 hingga 5 mikron bisa tersaring dengan DE filter ini. Untuk perawatannya sendiri hampir sama dengan cartridge filter. Tetapi perawatannya akan lebih lama sebab harus dilakukan penyapuan tepung DE yang menempel di bagian kisi-kisi.

Cartridge Filter

Nah untuk sistem filtrasi cartridge filter ini memanfaatkan saringan cartridge atau yang berbentuk kisi-kisi. Kisi-kisi ini dibuat dari bahan polyester yang dapat menyaring kotoran terkecil yang memiliki ukuran 10 sampai 20 mikron. Cara perawatannya juga dapat dilakukan dengan sangat mudah. Sebab cukup dibersihkan bagian kisi-kisi cartridge dengan menyemprot air bertekanan rendah. Tetapi ini juga harus dilakukan dalam waktu yang sering sebab kisi-kisi pada cartridge ini akan mudah tersumbat oleh kotoran. Bila terjadi kerusakan pada bagian filter kolam renang ini kalian harus mempersiapkan biaya yang lebih banyak. Sebab harga dari filter jenis ini memang termasuk cukup mahal.

Sand Filter

Jenis filter kolam renang yang satu ini bernama sand filter. Dalam sistem filtrasi ini memanfaatkan media pasir silika pada tabung filter. Namun kemampuan penyaringan kotoran air terbatas dalam ukuran 20 hingga 40 mikron. Untuk siklus perawatannya sendiri lebih lama dan paling mudah dibandingkan dengan yang lainnya. Cukup membilas dengan cara yang manual di bagian multiport, maka penggantian isi filter juga dapat mencapai waktu tiga hingga empat tahun lamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.