Mengenal Jenis Jenis Mesin Cuci yang Ada Saat Ini

By | April 1, 2020

Kemajuan teknologi yang terjadi beberapa dekade belakangan ini telah banyak membantu manusia dalam menyelesaian berbagai macam pekerjaannya. Mulai dari pekerjaan kantoran hingga ke pekerjaan rumah tangga semuanya cukup terbantu dengan adanya teknologi yang berkembang pesat seperti saat ini. Salah satu contoh penerapan teknologi yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan rumah tangga ini adalah dengan adanya penggunaan mesin cuci untuk mencuci baju yang kita miliki.

Dengan adanya mesin cuci ini maka kita tidak perlu lagi membuang banyak waktu dan tenaga untuk mengucek pakaian yang akan kita cuci karena kita hanya perlu memasukkan pakaian kotor tersebut ke mesin cuci dan mengoperasikannya sesuai petunjuk yang ada. Dengan adanya mesin cuci ini banyak waktu dan tenaga yang bisa kita hemat.

Adapun untuk jenis mesin cuci sendiri saat ini juga sudah cukup beragam. Setidaknya saat ini yang kita ketahui ada 3 jenis mesin cuci yang umum kita temukan di pasaran. Ketiga jenis mesin cuci ini yakni sebagai berikut :

Mesin Cuci 2 Tabung

Sesuai dengan namanya mesin cuci 2 tabung adalah mesin cuci yang memiliki dua buah tabung di mana satu tabung berfungsi sebagi tempat mencuci dan membilas sementara tabung yang satunya lagi berfungsi sebagai tempat mengeringkan pakaian yang sudah dicuci tersebut.

Mesin cuci dengan dua buah tabung ini memiliki sejumlah kelebihan misalnya saja harganya yang relatif lebih murah jika dibandingan dengan mesin cuci 1 tabung. Sebagai contoh mesin cuci tabung 2 merk sanken tipe TW8650 MR yang memiliki kapasitas 7 kg harganya hanya 1,2 jutaan saja, sementara meisn cuci dengan merk sama yakni Sanken SFL-7000W yang merupakan mesin cuci 1 tabung dan kapasitasnya hanya 6 kilogram saja harganya jauh lebih mahal yakni sampai 3,6 jutaan lebih. Kelebihan lain dari mesin cuci dua tabung ini adalah daya listrik yang dibutuhkan umumnya relatif lebih rendah.

Akan tetapi selain memiliki kelebihan tentunya mesin cuci dua tabung ini juga memikiki sejumlah kekurangan diantaranya adalah kurang efisien karena kita masih harus memindahkan cucian yang sudah dicuci di tabung pencuci ke tabung yang satunya lagi untuk dikeringkan.  Selain itu mesin cuci dua tabung juga perlu air dengan jumlah yang lebih banyak dan jika airnya kurang tidak bisa berputar.

Mesin Cuci 1 Tabung Top Load

Mesin cuci 1 tabung top load ini merupakan mesin cuci yang memiliki satu buah tabung yang berfungsi sekaligus sebagai pencuci,dan pengering. Diberi nama top load karena tempat memasuk keluarkan cucian pada mesin cuci jenis ini terletak pada bagian atas.

Karena hanya ada satu tabung saja maka kita tidak perlu repot repot memindahkan cucian untuk dikeringkan lagi. Bisa dibilang mesin cuci ini cukup praktis karena proses pencucian, pembilasan, hingga pemerasan cucian bisa dilakukan secara otomatis. Mesin cuci jenis top load ini juga tidak terlalu boros tenaga listrik.

Jika ada kelemahan dari mesin cuci jenis ini maka kelemahan tersebut adalah harganya yang agak lebih mahal dibandingkan mesin cuci 2 tabung.

Mesin Cuci 1 Tabung Front Load

Sama seperti mesin cuci top load mesin cuci ini juga mempunyai 1 tabung yang berfungsi sebagai tempat mencuci dan mengeringkan. Dan sesuai dengan namanya mesin cuci ini mempunyai bukaan tempat keluar masuk pakaian di bagian depan mesin. Mesin cuci ini berputar secara vertikal.

Kelebihan dari mesin cuci jenis front load adalah soal keefektifan dalam pencuciannya yang melebihi dua jenis mesin cuci sebelumnya. Proses mencuci dan mengeringkan pada mesin cuci ini berlangsung secara otomatis dengan tingkat kekerinan hingga 90 persen.

Hanya saja mesin cuci ini memiliki harga yang terbilang mahal jika dibandingkan denga mesin cuci dua tabung maupun mesin cuci top load. Konsumsi daya listrik yang dibutuhkan oleh mesin cuci jenis ini juga cukup tinggi dan untuk penggunaannya juga memerlukan deterjen khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *