Mengapa Sistem Pendidikan Tinggi Finlandia Terbagus di Dunia

By | October 5, 2020

Sistem pendidikan Finlandia dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia, dan negara-negara lain berusaha untuk meniru struktur guru bergaji tinggi, banyak waktu istirahat, dan kurang menekankan pada pekerjaan rumah dan ujian. Sistem pendidikan tinggi negara juga memberikan contoh, terutama karena Finlandia adalah salah satu dari sedikit negara yang tersisa di dunia di mana warganya sendiri menerima pendidikan tinggi sepenuhnya gratis (siswa asing masih harus membayar biaya sekolah, tetapi mereka jauh lebih rendah daripada yang dibayar. di negara Lain).

Bagian dari budaya Finlandia

Pendidikan adalah bagian yang kuat dari budaya Finlandia dari tahun-tahun prasekolah hingga dewasa. Anak-anak di Finlandia tidak memulai pendidikan formal sampai mereka mencapai usia tujuh tahun, tetapi mereka masih memulai pendidikan awal melaluisekolah hutan‘ dan bermain di luar ruangan. Pendidikan dasar dan menengah tidak seketat di negara lain, tetapi mendapatkan pendidikan awal yang baik masih dipandang sebagai langkah penting.

Banyak orang dewasa di Finlandia juga melanjutkan pendidikan seumur hidup mereka melalui kelas malam atau perjalanan rutin ke perpustakaan (Finlandia memiliki tingkat penggunaan perpustakaan yang lebih tinggi daripada negara lain). Sebagaimana akses gratis ke informasi di perpustakaan merupakan bagian integral dari budaya Finlandia, demikian pula pengembangan pengetahuan melalui pendidikan tinggi gratis.

Kurangnya klasisme

Klasisme juga kurang menonjol di Finlandia, yang juga meluas ke bidang pendidikan. Selama berabad-abad, Finlandia selain sebagai negara dengan pendidikan terbaik, juga memiliki tanah yang subur dan pendidikan bukanlah prioritas bagi mereka yang bekerja di pertanian di komunitas terpencil. Universitas dipandang sebagai sesuatu yang hanya untuk kalangan atas atau intelektual.

Senang belajar

Akses gratis ke pendidikan ini berarti bahwa siswa di Finlandia dapat masuk universitas tidak hanya untuk maju dalam karir mereka tetapi juga karena universitas ada di tempat pertamabelajar demi pembelajaran. Sambil mengambil kecakapan hidup yang penting, mahasiswa juga dapat membaca berbagai mata pelajaran di perpustakaan universitas atau mengambil kelas pilihan untuk segala hal mulai dari politik hingga budaya pop, pendidikan bahasa inggris, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia. Mereka dapat mempelajari apa yang mereka sukai tanpa takut memasuki dunia kerja karena terlilit hutang.