Inspirasi bisnis yang dapat dilakukan di rumah

By | September 18, 2020

jajanan anak paling hits

Bisnis rumahan adalah bisnis yang dijalankan di rumah, sehingga pemilik bisnis tidak perlu menyewa lokasi untuk usaha. Meski demikian tidak hanya bisnis yang dijalankan di rumah, pelatih dan dekorator interior juga dapat dikategorikan ke dalam kelompok tersebut.

Bisnis semacam ini kebanyakan dilakukan oleh para ibu rumah tangga guna menambah pemasukan. Selain itu dengan mengerjakan bisnis di rumah, anda dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar rumah anda.

Beberapa ide bisnis yang dapat dilakukan di rumah

Selain harus bergumul dengan rasa bosan terhadap rutinitas sehari-hari, menjadi ibu rumah tangga seringkali dianggap sebelah mata karena tidak dapat menghasilkan pendapatan. Akan tetapi di era yang semakin maju ini banyak sekali ibu rumah tangga yang membuka bisnis rumahan dan berkembang dari bisnis sederhana menjadi bisnis dengan omset puluhan juta.

Berikut ini adalah pde-ide bisnis yang dapat menjadi pilihan untuk dikerjakan di rumah:

  1. Menanam buah-buahan dan sayuran
  2. Berdagang kosmetik dan suplemen
  3. Menjadi Freelance writer dan penerjemah
  4. Menjadi Dropshipper
  5. Berjualan kebutuhan bayi dan makanan bayi atau makanan pendamping ASI
  6. Berjualan hijab dan baju-baju muslim
  7. Jasa jahit baju dan permak celana jeans
  8. Berjualan kue kering dan camilan
  9. Menerima pesanan catering

Kelebihan dan kekurangan berbisnis di rumah

Dengan semakin banyaknya pilihan usaha yang dapat dilakukan di rumah, membuat orang berbondong-bondong membuka usahanya sendiri, baik itu ibu rumah tangga ataupun orang yang sudah bekerja di kantor tapi ingin mendapatkan pendapatan sampingan. Namun demikian membuka bisnis rumahan tidak semudah yang dibayangkan, ada kelebihan sekaligus kekurangan masing-masing.

Kelebihan berbisnis di rumah

Kelebihan melakukan bisnis di rumah diantaranya anda tak perlu melakukan perjalanan yang jauh menuju kantor, waktu kerja yang fleksibel sehingga dapat memiliki waktu lebih bersama keluarga, tidak adanya biaya-biaya tambahan seperti pajak penghasilan dan biaya sewa tempat, mempermudah dalam pengukuran keperluan usaha seperti jam kerja dan jumlah karyawan, serta lebih kreatif dalam membaca peluang bisnis.
Kekurangan berbisnis di rumah

Sedangkan kekurangan bisnis ini adalah lokasi usaha yang sulit untuk ditemukan, memerlukan banyak negosiasi dengan masyarakat sekitar agar tidak dianggap mengganggu kenyamanan, serta kadang kala menimbulkan perasaan terisolasi.

Agar bisnis rumahan anda lebih professional dan terawasi, perlu memiliki catatan keuangan guna melakukan pencatatan transaksi usaha. Tak perlu pusing-pusing dengan membuat kolom di excel cukup dengan memanfaatkan aplikasi seperti buku kas.

Aplikasi ini nantinya berguna sebagai buku catatan keuangan digital yang bermanfaat untuk memantau alur transaksi sehari-hari serta sebagai pencatatan hutang ataupun piutang.